Memberikan Informasi Seputar Indonesia, Gaya Hidup, Teknologi, Dan Lainnya

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

20 Jajanan Khas Malang, Dari Yang Kekinian Sampai Yang Legendaris

20 Jajanan Khas Malang, Dari Yang Kekinian Sampai Yang Legendaris

20 jajanan khas malang

 

Kota Malang, Jawa Timur merupakan surga kuliner bagi para pecinta makanan. Pasalnya, kota ini puya banyak kuliner yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Makan-makan di Malang tak kalah hemat daripada Solo dan Yogyakarta.

Pelancong yang hendak berwisata kuliner di Malang tentu harus tahu dulu makanan-makanan khas kota ini. Kuliner khas Malang sangat beragam jenis dan variasinya. Berikut ini beberapa di antaranya yang dirangkum oleh Merdeka.com.

  1. Bakso Malang
  2. Bakso Bakar
  3. Orem-orem
  4. Sate Kelinci
  5. Ketan Topping
  6. Mendol
  7. Keripik Tempe
  8. Nasi Mawut
  9. Cwimie
  10. Cilok Daging
  11. Mie Setan
  12. Soto Kampung
  13. Wedang Angsle
  14. Ceker Setan
  15. Tahu Lontong
  16. Sari Apel
  17. Mie Pangsit
  18. Sempol
  19. Sate Gebug
  20. Menjes

1. Bakso Malang

View this post on Instagram

Gimana kalau sempetin mampir kesini? Semangkok bakso bisa banget lho balikin mood mu di hari senin ini πŸ˜‰πŸ‘Œ Buka setiap hari mulai pukul 10.30 - 21.00 malam. @baksokotacakman_malang pusat berada di Jl. W. R. Supratman C1 Kav. 13-14 Malang. Atau klik location diatas yaa! . . #baksokotacakman #baksomalang #baksokhasmalang #baksokotacakmanmalang

A post shared by Bakso Kota Cak Man (@baksokotacakman_malang) on

Bakso merupakan salah satu kuliner khas Malang yang paling dikenal dan digemari. Bakso khas Malang memiliki ragam isi yang lebih banyak daripada bakso di kota lain.

Selain bakso halus yang lebih sering disebut pentol, ada pula bakso urat atau pentol kasar, gorengan pangsit panjang atau kembang, mi kuning, soun, dan tahu. Selain itu biasanya juga disajikan lontong sebagai teman makan bakso.

Bakso dapat dengan mudah ditemui di kota Malang. Mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran. Variasi bakso yang disediakan pun semakin beragam. Misalnya bakso mercon, bakso seafood, bakso sum-sum, hingga bakso gulung.

2. Bakso Bakar

View this post on Instagram

A post shared by Tantri Setyorini (@tantriseating) on

Selain bakso biasa, Malang juga mulai dikenal karena kuliner bakso bakarnya. Makanan ini terbuat dari bakso kasar atau halus yang dibakar bersama bumbu kecap, bawang, dan bumbu cabai.

Biasanya makanan khas Malang ini juga disajikan bersama semangkuk kuah bakso, sambal kecap, dan soun melimpah.

3. Orem-orem

View this post on Instagram

Banyak yg tanya makanan khas Malang itu apa sih? Jawabannya ya orem orem rek. ⠀ Makanan berkuah santan gurih manis mirip lodeh dengan bahan dasar tempe, biasa disajikan dengan ketupat dan kecambah rebus. Ada yg menyajikan tempenya dalam potongan besar, ada juga yg menyajikan tempenya dengan potongan kecil-kecil. ⠀ Makin ciamik kalau didampingi dengan perkedel kentang, mendol, tempe goreng dan krupuk “blek”. Kalau yg di tempat ini kalian juga bisa nambah lauk daging dan telur ayam. ⠀ Ngomong ngomong sudah pernah makan orem orem belum? ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”»πŸ”» Orem Orem H. Syahri πŸ“ Jl. Gatot Subroto 72, Jodipan ⏰ 09.00 - 16.30 WIB πŸ’° Rp3.000 - Rp15.000 #ngalamkuliner #nguliner

A post shared by Kulinermalang Ngalamkuliner (@ngalamkuliner) on

Selanjutnya ada orem-orem yang juga dikenal sebagai kuliner khas Malang. Penampilannya tak terlalu berbeda dengan sayur lodeh.

Masakan dengan kuah santan encer ini berbahan dasar irisan tempe dan tahu. Orem-orem biasa disajikan dengan ketupat serta tauge sebagai pugasan.

4. Sate Kelinci

View this post on Instagram

Salah gak sih makan sate jam segini?πŸ™„πŸ˜‚. Oke-oke aja lahh yaa apalagi kalo makannya di hawa-hawa dingin🀀🀀🀀. Kalo di daerah hawa dingin paling identik sih sama “sate kelinci” . Kyk sate yang mimin makan nih sate kelinci abang-abang. Enak, murmerrrr pokoknya manjii tenanπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚. Kalo kalian sukanya sate apa?πŸ™„. ———————— “SATE KELINCI COBAN RAIS” πŸ“: Wisata air terjun Coban Rais Batu - Malang (Sate abang2 yang ada di dalem tempat wisata coban rais) πŸ’΅ : Sate kelinci 1porsi(10 tusuk) : 15k Sate ayam 1porsi : 11k ⏰: Jam buka mengikuti jam oprasional Coban Rais ———————— Yuk ajak keluarga, pacar, temen, kakak, adik dan jangan lupa like & share ke mereka yaa ❣️. @loveactivities #LA_Kuliner #IVGFood #loveactivities #kulineraddict #satekelinci #satedaerahhawadingin #satekelincibatu #satekelincimalang #satebatu #satemalang #batu #malang #kulinersby #kulinersidoarjo #dagelan #dagelanfood #foodindo #itssorecommended

A post shared by Kuliner . Travel . Recipe (@loveactivities) on

Bagi beberapa orang, sate kelinci termasuk kuliner ekstrem karena daging hewan bertelinga panjang itu tak biasa disantap. Namun di daerah-daerah dataran tinggi, makanan ini cukup mudah ditemui.

Batu, Malang juga menjadi tempat wisata kuliner sate kelinci yang cukup populer di antara pelancong luar Malang. Seporsi sate ini biasanya terdiri dari sepuluh tusuk daging dengan potongan kecil-kecil yang sekilas mirip sate ayam.

5. Ketan Topping

Selain sate kelinci, Batu juga punya kuliner khas lain. Makanan khas Malang berupa ketan topping ini menampilkan sepiring ketan kukus yang disajikan bersama berbagai jenis pugasan. Misalnya kental manis, keju, saus durian, pisang, cokelat, hingga daging ayam.

View this post on Instagram

Ada lelah yang ingin diistirahatkan.. ada banyak hal yang ingin aku ceritakan saat kita berjauhan... ada rindu yang ingin dilampiaskan.... Aku janji... hanya sebentar aku hanya lelah

A post shared by MERIKFAMSSHOP (@merik.fams) on

Penjual ketan topping yang paling populer di Malang adalah warung Pos Ketan Legenda yang berada di samping Alun-Alun Batu. Namun cabangnya juga bisa ditemukan di pusat kota Malang.

6. Mendol

ilustrasi mendol

©Shutterstock

Makanan khas Malang selanjutnya adalah olahan tempe yang disebut mendol. Mendol terbuat dari tempe yang diremukkan, dicampur dengan bumbu, dikepal bentuk lonjong, lalu digoreng hingga renyah.

Biasanya mendol ini dijadikan lauk pelengkap nasi pecel, nasi jagung, atau rawon. Rasanya gurih dengan aroma kencur dan daun jeruk.

7. Keripik Tempe

View this post on Instagram

Bagaimana puasany Tempe loverz.... Tak terasa Lebaran sudah di depan Mata 😊 Meskipun suasana Ramadhan n lebaran Kali ini beda dengan tahun" sebelumnya...Semoga Kita bisa mengambil hikmah di balik pandemi ini...🀲

A post shared by Keripik Tempe Oleh-Oleh Malang (@keripiktemperohani) on

Sebagai salah satu kota penghasil tempe, tak heran kalau olahan tempe menjadi kuliner khas Malang. Salah satunya adalah keripik tempe.

Keripik tempe menjadi oleh-oleh wajib bagi traveler yang mampir ke kota Malang. Biasanya jajanan renyah aneka rasa ini dibeli dari sentra industri tempe dan keripik tempe, Sanan. Selain keripik tempe, kawasan itu juga menawarkan keripik buah, pai apel, serta jajanan khas Malang lainnya.

8. Nasi Mawut

View this post on Instagram

" SEGO RESEK pak Kasin " #kulinermalang #kulinermalangmurah #kulinermalangraya #kulinerenak #malang #kulinerjawatimur #segoresek #segoresekmalang #segoresekkasin #foodies

A post shared by Ria Nurani (@rianuraniike) on

Makanan khas Malang yang cukup unik adalah nasi mawut. Ini adalah variasi nasi goreng dengan penambahan berbagai jenis pugasan, yaitu mi, telur, ayam, dan irisan sayur. Isinya yang beragam dan terlihat berantakan di piring membuat masakan itu diberi nama nasi mawut.

Nasi mawut terenak bisa ditemukan di pejual nasi goreng keliling dan warung pinggir jalan. Beberapa yang sajian nasi mawutnya cukup unik adalah warung Sego Resek Kasin yang dibuat di wajan raksasa dan dilengkapi aneka lauk serta Spesial Nasi Mawut Pak Iwan yang menggunakan mi kering renyah.

9. Cwimie

Cwie mie juga termasuk makanan khas Malang. Penampilannya mirip dengan mi ayam, namun menggunakan daging ayam cacah yang digoreng seperti abon. Penampilannya juga berbeda dari mi pangsit, karena makanan ini dilengkapi wonton dan selembar selada keriting.

 
 
 
View this post on Instagram

Baru jam segini udah pengen makan Cui mie di @gloria_cuimie langsung aja deh order. Ciptakan Restoran Di Rumah Anda!! Halal, No MSG! 🏑Locations : πŸ₯Ÿ Ruko Sentra Niaga Puri Indah Blok T5 No 11 Bulk Order : πŸ“ž 0811-8991-515 πŸ“ž 0812-8092-0412 Frozen Food Cuimie Ayam 1pak isi 2 porsi #cwimie #gloria_cuimie #mie_sehat #mie_enak #kulinerjakarta #kulinerkembangan #kulinermeruya #bakmienak #bakmihalalkembangan #frozedfoodjakarta #lauksiapsaji #frozenfood #cuimiemalang #cuimiehalal

A post shared by CIPTAKAN RESTORAN DIRUMAH ANDA (@gloria_cuimie) onOct 12, 2020 at 9:15pm PDT

Semangkuk cwimie bisa didapatkan dengan harga murah, mulai dari Rp7.000 sampai yang berharga di atas Rp20.000.

10. Cilok Daging

 
 
 
View this post on Instagram

Cilok pak Koboy asliiiii rame kalii pas uda dateng antriannyaa panjang doanggg.... paling suka si karena saos pedesnya bener bener yahutttttt pedes nampooollll🀀🀀🀀🀀. . πŸ“Jl surabaya (depan pesen kopi) #cilokpakkoboy

A post shared by Diet Besok Saja (@dietbesoksaja__) onJul 25, 2019 at 8:16am PDT

Cilok lebih dikenal sebagai jajanan khas Bandung. Namun ada juga kuliner khas Malang yang disebut cilok daging.

Cilok yang dijajakan di pinggir jalan ini umumnya memiliki tekstur agak kasar seperti bakso urat mini. Ada yang disajikan bersama saus merah, saus kacang, hingga kuah bakso dan sayuran. Ada juga yang dibakar bersama bumbu kecap manis, lho.

11. Mie Setan

 
 
 
View this post on Instagram

Mie Setan Bromo memang istimewa di hati~ Dari mienya, minumannya, dan dimsumnya punya arti sendiri-sendiri. Apalagi yang makan kesini bareng kekasih πŸ˜‹ Hayo setiap kamu datang ke Mie Setan Bromo, menu apa yang "wajib banget" kamu pesan? Share yuk! πŸ‘‡ #miesetanbromo #miesetan #foodporn #foodies #kuliner #laperbener #covid19 #staysafe #kulinermalang #malangfoodies #newnormal

A post shared by Mie Setan Bromo (@miesetanbromo) onJul 6, 2020 at 9:04pm PDT

Saat ini mie setan atau mi setan sudah bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Namun awalnya makanan ini dirintis di Malang. Jadi tak salah jika mie setan disebut sebagai makanan khas Malang.

Semangkuk mie setan terdiri dari mi telur tipis yang diolah seperti cwimie, namun dicampur dengan cabai rawit tumbuk. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Biasanya penjual makanan ini juga menyediakan mie iblis yang dicampur cabai rawit dan kecap manis sebagai variasi menu.

Ratusan kedai yang menawarkan mi setan bisa ditemukan di Malang. Beberapa yang populer di antara pecinta kuliner adalah Kober Mie Setan, Mie Setan Noodle n' Dimsum, dan Mie Gacoan.

12. Soto Kampung

 
 
 
View this post on Instagram

πŸ“£πŸ“’ SOTO AYAM LOMBOK MALANG πŸœπŸ‘ ↔↔↔↔↔ First stop trip to Malang kita ke Soto ayam lombok guys. Ini kita yang di Jl. Lombok. Wah istimewa deh guys, soto nya mangkok besar kalo yang istimewa ada tambahan jeroan dan ampela ati nya. 😍 ➖➖➖➖➖ SOTO LOMBOK MALANG 🏑 Jl. Lombok, Kasin - Malang 🍜 Soto Ayam Istimewa πŸ’° 30K 🍜 Soto Ayam Biasa πŸ’° 25K ° ° Selamat Kulineran 🍽 ⚠️ #semogabersebelahansaatmakan ⚠️ ° ° ➖➖➖➖➖ #semarangfoodmatters #kulinermalang #malangculinary #culinarymalang #makanansemarang #jajansemarang #malang #culinary #follow4follow #f4f #followforfollow #like4like #likeforlike #foodgram #foodgasm #foodism #instafood #vsco #vscofood #foodporn #foodstagram #foodphotography #foodie #foodblogger #sfmsoto #sotolombok

A post shared by KULINER SEMARANG 🍽 (@semarangfoodmatters) onAug 27, 2018 at 7:52pm PDT

Makanan khas Malang selanjutnya adalah soto ayam kuning dengan kuah sedikit kental dan ditambah taburan koyah. Bagi warga Malang, jenis soto ini lebih dikenal sebagai soto kampung. Semangkuk soto kampung berisi nasi, telur rebus, kentang rebus, tauge, dan ayam kampung. Warung penjual soto kampung khas Malang yang paling terkenal adalah depot soto Lombok.

13. Wedang Angsle

Saat cuaca dingin, Anda bisa menyeruput semangkuk wedang angsle yang disajikan hangat.

 
 
 
View this post on Instagram

Angsle - a traditional Malang dessert, with coconut milk added to the light-ginger-tinted infusion, with glutinous rice based gimmicks, bread , green bean etc πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ˜ luv it

A post shared by Merry (@sweetgastronomer) onJan 15, 2018 at 6:26pm PST

Angsle adalah minuman khas Malang yang terdiri dari potongan roti tawar, ketann, mutiara hunkwe, dan putu mayang (petulo), kacang tanah, dan kacang hijau yang disiram kuah santan legit. Kadang ada juga yang menambahkan serabi pada minuman hangat ini.

14. Ceker Setan

 
 
 
View this post on Instagram

Yuk malam minggu nya di sini aja Open 19:00 #cekersetanmalang

A post shared by ceker setan, JL Jakarta Malang (@cekersetanmalang) onJul 11, 2020 at 4:40am PDT

Sebelum mie setan hadir di Malang, warga kota ini sudah terlebih dahulu jatuh cinta kepada ceker setan. Ini adalah olahan ceker dengan bumbu ekstra pedas melimpah yang di daerah lain juga dikenal dengan nama ceker mercon.

15. Tahu Lontong

 
 
 
View this post on Instagram

One more mission for my #malangkulinertrip completed.... Another heritage culinary from Malang city ..... ---- "TAHU LONTONG LONCENG" Jl. Laksamana Martadinata no.66 Malang ---- ini kalo versi surabaya namanya #tahutek / #tahutelor. kurang lebih sama lah.. beda2 versi sedikit.. kalo versi #tahulontonglonceng pake #taoge (#kecambah) kalo di surabaya gak pake.. ---- Paling ngak nemu #kulinermalang yang ngak menguras kantong.. #murmer ... ini yang paling saya doyan... wkwkwk... Sudah ada yang pernah nyoba #tahulontonglonceng ini ngak? double tap dan mention tmn2 kamu ya yg doyan #tahulontong ini.. ---- #sbykulinerinfo #amazingindonesiafood #surabayafoodhunter #sbyfoodhunter #surabayafoodies #foodiesby #foodiemalang #tahulontonglonceng #kulinermalang #SKIMalang #sbykulinerinfojalan2kemalang

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo) onJul 20, 2015 at 6:49am PDT

Surabaya punya kuliner khas bernama tahu lontong. Namun ada juga makanan khas Malang bernama tahu lontong. Pada dasarnya, tahu lontong ini tak beda jauh dari tahu tek. Walaupun begitu, tahu lontong khas Malang memiliki penampilan dan rasa yang agak berbeda dari tahu lontong Surabaya.

Namun bumbu tahu lontong di Malang dicampur kacang tumbuk dan kecap manis. Setelah itu disajikan bersama tahu goreng, tauge, dan kerupuk kanji. Sementara tahu lontong Surabaya lebih dominan petisnya dan disajikan bersama tauge pendek.

16. Sari Apel

 
 
 
View this post on Instagram

Sueger saat siang hari yang panas #sariapelsehatbervitamin #sariapel #sariapelmalang #sariapelyogya

A post shared by Al Barokah (@albarokah_kurma) onJul 22, 2020 at 8:02pm PDT

Jangan heran kalau Anda berkunjung ke rumah salah satu warga Malang dan disuguhi sari apel sebagai pengganti air mineral gelas atau teh. Sari apel adalah minuman khas Malang, mengingat kota ini juga dikenal sebagai penghasil apel Malang yang rasanya asam manis itu.

17. Mie Pangsit

Selain cwimie, ada juga mie pangsit yang dikenal sebagai makanan khas Malang. Mie pangsit ini memiliki penampilan yang mirip dengan cwimie, namun minyak bumbunya berwarna kuning dengan campuran kunyit.

 
 
 
View this post on Instagram

Saat malak tukang mie pangsit bersama keluarga sesudah coblosan . Lalu hasil tindakan kriminal disantap sambil nyinyir ala netizen di teras . Kang pangsit? Tampaknya menyesali keputusannya jualan di area Polehan hari itu. Tapi saya ndak sempat memastikan ke ybs juga, sih . #miepangsit atau #pangsitmie ? #sakarepmu

A post shared by Tantri Setyorini (@tantriseating) onApr 20, 2019 at 2:10am PDT

Biasanya cwimie disajikan bersama sawi hijau rebus, cincangan daging atau usus ayam bumbu kuning, dan kerupuk pangsit melimpah.

Mie pangsit ini juga termasuk makanan murah meriah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp5.000-Rp8.000. Bahkan masih ada pedagang yang menjual mie pangsit murah meriah seharga Rp3.000, lho.

18. Sempol

 
 
 
View this post on Instagram

Sempol ini mantul lurss.. Nemu lagi nih jajanan enak.. Kali ini sempol.. Ukurannya lumayan gede, dibandrol seribuan aja... Ada 3 varian, ayam, ikan, udang . Loc Sempol chintya, Jalan raya balongan, jualan depan puskesmas balongan Harga Rp 1000an

A post shared by KULINER INDRAMAYU (@makandanjajan) onMar 17, 2020 at 8:12pm PDT

Jajanan sempol atau sempolan banyak ditemui di pinggir jalan. Cemilan yang berawal dari Desa Sempolan ini terbuat dari tepung kanji yang dipadatkan pada tusukan bambu, lalu dibalut telur kocok dan digoreng hingga renyah. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp1.000 setusuk.

19. Sate Gebug

 
 
 
View this post on Instagram

Ke Malang ga afdol rasanya kalo ga nyicipin Sate Sapi di #warungsategebug. Dagingnya super duper empuk, ditambah bumbunya yg spicy alias rempah banget. . Sate 25K / tusuk Sop ayam 25K Tempe / Mendol 5K . #sategebug #sategebugmalang #foodshare #foodjournal #fooddiary #foodphotography #kulinermalang #putridimalang

A post shared by Putri (@putri.photowork) onMay 14, 2018 at 3:27am PDT

Sate gebug termasuk kuliner khas Malang yang legendaris. Makanan ini bisa didapatkan di Warung Sate Gebug yang sudah beroperasi sejak tahun 1920.

Setusuk sate gebug memiliki potongan daging yang sangat tebal. Daging tidak diiris atau digiling, tapi dipukul-pukul sampai lunak. Setelah itu dibalur bumbu kecap manis yang gurih dan dibakar sampai matang. Satenya masih juicy dan terasa semakin gurih karena disajikan bersama bumbu kecap encer melimpah.

20. Menjes

 
 
 
View this post on Instagram

MENJES GORENG khas kota MALANGπŸ‘πŸ‘ #momandmeoldrecipe #madetoorder #menjes #menjeskacang #khasmalang #gurih

A post shared by Mom & Me Old Recipe (@momandme_id) onSep 20, 2020 at 8:44pm PDT

Bukan cuma tempe kedelai yang khas dari Malang. Masih ada tempe menjes yang juga tak kalah lezat. Ada dua jenis tempe menjes yang bisa dijumpai di Malang yaitu tempe menjes kacang dan tempe menjes gombal yang sering disebut tempe gembus di negara lain.

Demikian berbagai kuliner khas Malang yang patut dicoba para traveler. [tsr]

Baca juga:
Intip Keseruan Cikobis, Sensasi Baru Ngopi di Dalam Bus Sambil Keliling Ciamis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]