Memberikan Informasi Seputar Indonesia, Gaya Hidup, Teknologi, Dan Lainnya

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Jenis-jenis SPG, Berserta Gajihnya, Tertarik Jadi SPG ?

Jenis-jenis SPG, Berserta Gajihnya, Tertarik Jadi SPG ?

 

Apakah Anda termasuk orang yang tertarik bekerja di bidang marketing, misalnya menjadi Sales Promotion Girls atau SPG? Sebelum masuk lebih dalam kenali dulu jenis-jenis SPG. Berikut ini penjelasannya.

Kalau Anda masuk ke salah satu toko pakaian di Mall, Anda akan menjumpai beberapa orang wanita menyambut Anda dan membantu Anda memilih barang bukan? Mereka adalah SPG reguler, SPG toko yang bekerja dengan gaji bulanan berdasarkan UMR.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebuah perusahaan bisa menyewa beberapa orang SPG dari sebuah agen model? Mereka dibayar per hari untuk meningkatkan penjualan. Sebab faktanya ada beberapa jenis SPG di lapangan, kalau Anda mau tahu lebih banyak, silahkan simak uraian mengenai jenis-jenis SPG berikut ini:

1. SPG Event

Sales Promotion Girls (SPG) atau model bersanding di samping motor pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS)2018 diikuti sejumlah produsen kendaraan  2018, JCC Senayan,  Jakarta, Rabu (31/10). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Sales Promotion Girls (SPG) atau model bersanding di samping motor pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS)2018 diikuti sejumlah produsen kendaraan  2018, JCC Senayan, Jakarta, Rabu (31/10). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Profesi SPG Event merupakan profesi profesional seperti halnya SPG reguler bahkan ada pelatihannya. SPG Event ialah seorang sales yang bekerja atau dipanggil untuk bekerja pads acara tertentu.

Umumnya, SPG Event akan hadir di acara pameran besar. SPG Event bukan profesi tetap, ketika acara selesai, tugasnya pun selesai. SPG Event yang sama bisa bekerjasama dengan beberapa perusahaan sekaligus.

Tugas SPG Event tidak jauh beda dengan SPG reguler. Mereka bertugas untuk menawarkan produk dengan cara menyebarkan brosur dan lain-lain. SPG Event kerja berdasarkan target, per hari ada kewajiban minimum dalam menyebarkan brosur. Kalau berhasil menjual produk, dia akan mendapatkan bonus.

2. SPG Reguler

Telah disinggung di atas bahwanya ada SPG Reguler yang menjadi bagian promotion product secara tetap di sebuah toko yang berafiliasi dengan perusahaan tertentu. Dia adalah pegawai tetap.

SPG Reguler memiliki banyak tugas termasuk menjaga kebersihan toko, mendata produk yang dijual di toko, melakukan display di toko, dan menjaga standar kualitas layanan kepada konsumen.

Jam istirahatnya diatur oleh perusahaan. Jam kerjanya sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh UU Ketenagakerjaan Indonesia. Keuntungan karena menjadi SPG Reguler ialah tidak perlu mengkhawatirkan jumlah gaji setiap bulan karena sudah pasti ada gaji pokok.

3. SPG Reguler Event

Aktivitas Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi melayani di Mal Hewan Kurban H. Doni, Depok, Jawa Barat, Senin (29/7). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Aktivitas Sales Promotion Girl (SPG) berpakaian ala koboi melayani di Mal Hewan Kurban H. Doni, Depok, Jawa Barat, Senin (29/7). [Suara.com/Arief Hermawan P]

SPG Reguler Event adalah skiil profesional yang dimiliki oleh orang-orang khusus di bidang marketing. Seseorang yang berprofesi sebagai SPG reguler event biasanya mudah dijumpai di toko-toko mall setiap sabtu-minggu, sebagai additional.

Akan tetapi, mereka bukan additional biasa. Mereka juga punya tugas khusus untuk kesuksesan marketing tiap minggunya. Mereka punya tugas untuk menawarkan sample produk kepada calon konsumen, menjaring konsumen baru, membantu penjualan SPG reguler, membagikan brosur, dan lain sebagainya.

Penghitungan gajinya berdasarkan lama waktu kerjanya. Umumnya shift SPG reguler event bekerja 6-7 jam per hari. Bayarannya minimal Rp 500.000 per jam.

4. Umbrella Girl

Suzanna Manaf, umbrella girl cantik asal Malaysia (capture instagram @suzanmnf)
Suzanna Manaf, umbrella girl cantik asal Malaysia (capture instagram @suzanmnf)

Kelompok ini merupakan SPG profesional yang mudah ditemui di ajang balapan motor. Kalau Anda suka nonton Moto GP Anda akan melihat lalu lalang Umbrella Girl. Kelompok ini juga termasuk sales girl. Tugasnya ialah untuk menurunkan suasana hati yang tegang di sirkuit.

Kehadiran Umbrella Girl dipercaya dapat meredakan emosi pembalap atau tim pembalap yang bisa panas kapan saja di tengah pertandingan. Mereka diharapkan bisa memberikan suasana rileks pada semua orang terutama pembalapnya. Secara kasat mata, tugas Umbrella Girl ialah memberikan payung peneduh untuk pembalap, kadang juga memberikan minuman kepada pembalap jika mereka mendapatkan sponsor dari suatu perusahaan minuman.

Pakaian dan payung yang dipakai oleh Umbrella Girl pun bisa jadi berasal dari sponsor untuk si pembalap. Makanya, ada logo tertentu yang berkaitan dengan perusahaan tertentu di pakaian dan payung yang dipakai Umbrella Girl.

Demikian kurang lebih jenis-jenis SPG yang eksis di lapangan. Masing-masing punya standar profesional kerja yang tak bisa dianggap remeh.

Sumber : Suara.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]