Memberikan Informasi Seputar Indonesia, Gaya Hidup, Teknologi, Dan Lainnya

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Pekembangan Terbaru Vaksin Sinochem

Pekembangan Terbaru Vaksin Sinochem

 

Pekembangan Terbaru Vaksin Sinochem

Setelah berselang hampir satu tahun, akhirnya Indonesia mendapatkan angin segar  untuk permasalahan virus corona atau Covid-19, seperti diketahui jika virus corona ini sudah menyebar keseluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui, banyak perusahaan farmasi berlomba lomba dalam mengembangkan vaksin untuk wabah yang satu ini, salah satu perusahaan farmasi yang berhasil mengembangkan vaksin sampai mencapai tahap final adalah Vaksin Sinochem.

Perusahaan farmasi yang mengembangkan Vaksin sinochem ini dikembangkan oleh Sinovac Biotech ltd, Perusahaan farmasi ini berasal dari Negara China, yaitu tiongkok.

Kedatangan Vaksin sinochem Di Indonesia

Vaksin sinochem ini telah resmi mendarat di Indonesia pada awal bulan desember tadi, lebih tepatnya pada tanggal 6 desember 2020. Dan jam 21.23 WIB, Dan Vaksin ini adalah vaksin yang pertama dipesan oleh pemerintahan Indonesia pada perusahaan Farmasi Sinovac asal china ini.

Fatwa MUI Mengenai Vaksin Sinochem

MUI masih mengkaji dan memantau proses kehalalan untuk vaksin Sinochem ini, Seperti yang diungkapkan Sekertaris Komisi Fatwa MUI, Asrorum Niam Shaleh, pada hari selasa 8 Desember 2020.

Ia mengungkapkan jika “MUI akan berkomitmen untuk mengawal aspek syar’i dalam penggunaan Vaksin untuk virus Covid-19 ini”, dan ia jua mengatakan jika tim MUI dan Bio Farma, badan POM dan juga kementrian kesehatan, sudah melakukan kunjungan ke tempat fasilitas yang memproduski Vaksin Sinovac pada bulan Okober 2020 lalu.

Hal ini dilakukan untuk audit aspek dari segi kualitas, kehalalan dan juga keamanan pada vaksin tersebut, Dan “Saat ini MUI terus berkordinasi dengan perusahaan Sinovac Bio Farma, Untuk melanjutkan hal yang sudah dikaji dari segi aspek kehalalan untuk penggunaan vaksin Covid-19”  tambahnya.

 

Tahapan Proses Pada Pengujian Vaksin Covid-19

Tahapan pengujian yang akan dilakukan secara bertahap, proses ini dilakukan untuk melihat perkembangan pada setiap minggunya, dan hasil perkembangan yang akan dilansir dari jubir atau Juru Bicara tim uji klinis Vaksin Covid-19 Dari Fakultas kedokteran Universitas Padjajaran yang akan di rangkum dibawah ini.

  • ·         V0. Tahapan skrining : terdapat 1.447 Jiwa
  • ·         V1. Tahapan vaksinasi yang pertama : terdapat 1.089 Jiwa.
  • ·         V2. Tahapan vaksinasi yang kedua : terdapat 650 jiwa
  • ·         V3. Tahapan pengambilan darah yang sudah divaksinasi kedua : terdapat 243 Jiwa.

Salah satu relawan yang melakukan vaksinasi covid-19 asal bandung, adalah gubernur jawa barat sendiri yaitu Ridwal Kamil, Seperti yang dilansir dari ciutan akun twitter resminya, beliau menjelaskan jika sudah diambil darahnya, untuk melihat apakah ada reaksi dari antibody untuk melawan corona.

 

Waktu Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia?

Pemerintah indonesia merencanakan akan sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi ke seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Pelaksanaan ini akan dilaksanakan sesudah vaksin mendapatkan ijin EUA atau emergency use authorization dari Badan POM atau BPOM.

EUA ini sendiri merupakan jaminan dari segi kualitas, efikasi, dan juga keamanan vaksin.  Ini Artinya, pemerintah Indonesia benar benar harus menguji vaksin agar aman digunakan oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. 

Selain itu, vaksin sinochem ini juga harus lolos tahap sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia atau (MUI). Jika semua perizinan dan juga status EUA selesai, dan vaksin baru bisa digunakan ke seluruh masyarakat akan dilakukan secara bertahap.

Nah, Itulah perkembangan informasi dari vaksin sinochem, atau juga dikenal vaksin sinovac yang bisa menjadi solusi dari wabah virus corona yang sudah menyebar keseluruh dunia. Kehadiran vaksin sinochem ini akan menjadi kabar baik bagi seluruh masyarakat indonesia. Untuk terus mengikuti perkembangan informasi vaksin sinochem dan penanganan covid-19 kunjungi website resmi Halodoc, atau anda juga bisa install aplikasi Halodoc di google play store

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]